Obat Sakit Gigi Tradisional Alami Paling Ampuh

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Begitulah ungkapan dari mereka yang tengah dilanda patah hati karena cinta. Mungkin ungkapan tersebut benar karena keluar dari mulut orang yang sedang mengalami patah hati. Akan tetapi ketika orang tersebut sedang mengalami sakit gigi, saya sangat yakin, dia akan meralat apa yang sudah diucapkannya.

Sakit gigi memang tidak menyebabkan kematian, tidak seperti sakit jantung atau kanker otak. Tapi rasa sakitnya bisa terasa hingga ke sekujur badan. Bahkan orang yang mengalami sakit gigi cenderung sensitif dan lebih mudah emosi. Terutama ketika mendengar suara bising. Jadi jangan coba-coba berbuat gaduh di dekat orang yang sedang mengalami sakit gigi.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi yang rusak, berlubang atau gusi bengkak. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang mengubah sisa-sisa makanan menjadi zat asam yang mampu merusak gigi. Sedangkan gusi bengkak disebabkan adanya luka pada gusi yang kemudian dijadikan tempat berkembangbiaknya bakteri.

Keduanya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Namun Anda bisa mencoba beberapa resep obat sakit gigi tradisional berikut ini untuk mengobatinya.

Kumpulan Obat Sakit Gigi Tradisional


sakit gigi
Banyak sekali tanaman herbal di sekitar kita yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Nenek moyang kita sudah lebih dulu menggunakannya untuk mengobati gigi yang sakit.

1. Bawang Putih

Siapa sangka bumbu masak yang satu ini bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi tradisional? Namun begitulah adanya. Untuk mengobati gigi yang sakit, ambil satu siung bawang putih kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil sedikit dengan kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 5 menit kemudian buang dan berkumurlah dengan air hangat.

2. Bunga Matahari

Ambil bunga matahari sebanyak 30 gram kemudian cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga gigi tidak terasa sakit lagi. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala.

3. Minyak Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa biasanya digunakan untuk membuat kerajinan atau membuat arang. Namun kali ini kita akan membuat obat sakit gigi dari tempurung kelapa ini. Caranya, ambil tempurung kelapa yang masih basah, kemudian dibakar hingga keluar minyaknya. ambil minyak tersebut dengan kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit atau gigi yang berlubang. Biarkan selama 5 menit kemudian ganti dengan yang baru.

4. Daun Sirih

Selain dapat mengobati keputihan pada wanita, daun sirih juga terkenal karena mampu menyembuhkan sakit gigi. Caranya, ambil 2 lembar daun sirih lalu diremas-remas, tambahkan garam sebanyak setengah sendok makan. Masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Aduk hingga garam larut. Selagi masih hangat air tersebut digunakan untuk berkumur.

5. Bawang Merah

Tidak mau kalah dengan saudaranya, bawang putih, bawang merah juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan sakit gigi. Kandungan antimikroba dalam bawang merah efektif untuk mengusir bakteri penyebab sakit gigi. Caranya, memarkan satu siung bawang merah ukuran kecil, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Merica Bubuk

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, merica dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya ambil merica bubuk secukupnya lalu campur dengan garam dan tumbuk hingga halus. Beri sedikit air hingga membentuk adonan pasta. Tempelkan pada gigi yang berlubang.

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ini merupakan obat sakit gigi tradisional yang sangat ampuh. Namun harus hati-hati karena rasanya sangat pedas dan getir jika terkena bagian mulut lain. Ambil minyak cengkeh dengan kapas lalu jejalkan pada gigi yang berlubang. Biarkan beberapa menit lalu buang dan berkumurlah dengan air garam hangat.

8. Getah Jarak

Sama seperti minyak cengkeh, getah jarak juga merupakan obat sakit gigi yang mujarab. Namun anda juga harus berhati-hati karena getah jarak ini sangat keras dan bisa menyebabkan iritasi jika terkena bagian mulut yang sensitif.

9. Sereh atau Serai

Sereh atau serai ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah aroma pada masakan seperti pepes. Rebus 40 gram sereh yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa setengahnya. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga sakit gigi anda sembuh.

10. Biji Buah Alpukat

Biji buah alpukat bisa kita gunakan untuk mengobati gigi berlubang yang sakit. Caranya, ambil satu buah biji alpukat yang masih basah, kemudian tumbuk hingga halus. Ambil tumbukkan tersebut dengan kapas dan tempelkan pada gigi yang berlubang. Diamkan beberapa menit lalu buang dan berkumurlah dengan air garam atau air kapur sirih.

Oke, itu dia beberapa bahan alami yang mujarab dan ampuh untuk mengobati sakit gigi terutama yang dikarenakan oleh gigi berlubang. Lihat juga artikel sebelumnya tentang obat asam urat tradisional.