Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Pengobatan

Pada artikel ini kita akan membahas gejala penyakit batu ginjal, penyebab, faktor risiko, jenis-jenis batu ginjal serta cara pengobatannya. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda.

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.
Penyakit Batu Ginjal
Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen. Pengobatan rasa sakit dan minum banyak air merupakan bagian dari pengobatan yang sering dibutuhkan. Bagaimanapun, pengobatan dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal pada mereka dengan peningkatan risiko.

Gejala Penyakit Batu Ginjal


Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter –pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:
  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Penyebab & Faktor Risiko


1. Penyebab

Batu ginjal sering tidak terdefinisikan dengan satu penyebab. Beberapa faktor yang sering berkombinasi, membuat kondisi dimana seseorang rentan mengalami batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika komponen urin –cairan dan berbagai mineral dan asam- hilang keseimbangan. Ketika hal ini terjadi, urin anda terdapat lebih banyak zat yang mengkristal, seperti kalsium, oxalate dan uric acid, daripada cairan. Pada saat yang sama, pada urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga terbentuk batu ginjal. Hal ini membuat kondisi dimana batu ginjal lebih mungkin terbentuk.

2. Faktor risiko

Faktor risiko yang dapat meningkatkan batu ginjal terjadi antara lain:
  • Memiliki seseorang dalam keluarga dengan kasus batu ginjal
  • Mereka yang berusia 40 tahun keatas, meskipun batu ginjal dapat terjadi pada usia berapapun
  • Laki-laki lebih cenderung mengalami batu ginjal
  • Dehidrasi
  • Makanan tertentu yang tinggi protein, tinggi sodium dan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal
  • Obesitas
  • Memiliki penyakit atau operasi pada saluran pencernaan
  • Kondisi medis lain, antara lain renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism dan infeksi saluran urin tertentu

Jenis-jenis batu ginjal dan cara pencegahan


Jenis-Jenis Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal memiliki beberapa jenis berdasarkan sumber pembentuknya.

1. Batu kalsium

Banyak batu ginjal adalah batu kalsium yang biasanya berbentuk kalsium oxalate. Kadar oxalate yang tinggi dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran, kacang dan coklat. Hati anda juga menghasilkan oxalate. Makanan, vitamin D dosis tinggi, operasi saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oxalate pada urin. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

2. Batu struvite

Batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran urin. Batu struvite dapat berkembang dengan cepat dan menjadi cukup besar.

3. Batu uric acid

Ini terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, mereka yang makan makanan tinggi protein dan mereka yang memiliki encok. Faktor genetik tertentu dan kelainan pada jaringan penghasil darah juga dapat membuat anda cenderung mengalami batu uric acid.

4. Batu cystine

Batu ginjal jenis ini memiliki kasus yang sedikit. Batu ini terbentuk pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino (cystinuria) tertentu dalam jumlah banyak.

5. Batu lainnya

Kasus batu ginjal langka lainnya juga dapat terjadi.

Mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti apa yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan petunjuk apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko mengalami batu ginjal.

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan membiasakan diri mempraktekan pola hidup sehat. Lebih jelasnya seperti poin-poin di bawah ini:

  • Perubahan gaya hidup:
  • Minum cukup air setiap hari
  • Makan lebih sedikit makanan kaya oxalate, seperti bayam, ubi, teh, cokelat dan produk kedelai
  • Memilih makanan yang rendah garam dan protein hewani
  • Makan makanan kaya kalsium, akan tetapi membatasi penggunaan suplemen kalsium

Oke, itu dia informasi yang bisa saya berikan mengenai gejala penyakit batu ginjal, penyebab dan cara pencegahannya. Di artikel selanjutnya saya akan membahas tentang cara mengobati batu ginjal. Baca juga artikel sebelumnya tentang gejala gagal ginjal akut dan gejala gagal ginjal kronis.

18 comments:

  1. Wow ternyata ada banyak penyebab batu ginjal, selama ini saya kira hanya karena kurang minum air saja...
    makasih informasinya...

    BalasHapus
  2. Saya kena pnyakit batu ginjal da hampir 2 tahun, tp blum ada obat yg manjur, saya pngen tau, obat herbal apa yg paling bgus buat batu ginjal saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanaman herbal yang sudah terbukti mengatasi pembentukan batu ginjal adalah tanaman kumis kucing.

      Hapus
    2. Obat Herba Khusus Batu Ginjal.
      Komposisi : Pegagan, Tempuyung, Kumis Kucing. Khasiat : Membantu memperbaiki fungsi ginjal, dapat mengikis batu ginjal dan batu saluran kemih, meredakan sakit pinggang, melancarkan buang air kecil. Sebaiknya dipadukan dengan SEH Kapsul / Super. Harga Rp. 180.000,- (45 caps). Alamat : Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

      Hapus
    3. Bisa dengan mengkonsumsi air oxy, info lengkapnya silakan di www.oxycjdw.co.id, pembelian silakan hub.saya di 085318811899/089604137967 thanks

      Hapus
    4. Untuk batu ginjal kalo tidak salah Daun alpukat direbus 3 gelas menjadi 1 gelas diminum pagi sore selengkapnya ada di majalah trubus edisi september

      Hapus
  3. Aku suka bayam. ��
    Apa yg di maksudkan kebanyakan / sedang2 aja buat konsumsi bayam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayam itu mengandung banyak asam oskalat yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Jadi jangan berlebihan mengkonsumsinya.

      Hapus
  4. gimana cara penyembuhan penyakit batu ginjal, dan obat ap yang harus saya konsumsi

    BalasHapus
  5. sekarang saya baru faham ternyata batu ginjal dengan kencing batu itu merupakan satu rangkaian, batu ginjal adalah batu kristal yang mengendap di ginjal, sedangkan kencing batu adalah batu kristal yang mengenadap di kandung kemih atau turun dari ginjal lewat saluran antara ginjal dan kandung kemih, betul begitu kan, Mas ?

    BalasHapus
  6. Baru 2 hari yg lalu pukul 5 pagi terbangun dr tidur tiba2 pinggang sblh kanan merasa sakit sekali jam 7 nya perut terasa keram jam 10 nya testis sblh kanan terasa sakit sekali apalagi kl berjalan.sekarang agak mendingan pinggang dan perut normal tetapi testis masih terasa sakit sekali apakah ini gejala batu ginjal ?

    BalasHapus
  7. sakit pinggang sebelah kiri,rasanya pegal dan agak panas,menjalar ke perut bwah kiri dan selangkangan itu sakit apa?di sertai keluar flex darah

    BalasHapus
  8. Jika salah satu gejalanya telah dirasakan, adakah yang bisa dilakukan agar tidak bertambah parah?

    BalasHapus
  9. Mohon ijin copy paste untuk tugas sekolah anak saya, Pak. Terimakasih.

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.