Obat Asam Urat Tradisional, Herbal, Alami, Ampuh

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai obat asam urat tradisional, ada baiknya kita kenalan dulu dengan yang namanya asam urat. Apa sih asam urat itu?

Asam urat atau dalam bahasa Inggris disebut uric acid, urate adalah senyawa turunan purina. Kelebihan dan kekurangan kadar asam urat dalam darah bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan alias penyakit dalam tubuh manusia.

Penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin berlebihan dalam makanan. Purin sendiri merupakan zat yang terdapat pada setiap makanan yang berasal dari makhluk hidup. Purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat yang nantinya akan dikeluarkan oleh ginjal. Namun jika kadar asam urat terlalu tinggi ginjal tidak mampu mengeluarkannya dan akhirnya menumpuk di persendian. Akibatnya persendian akan terasa sakit, bengkak dan bahkan berwarna kemerahan. Kondisi inilah yang dikenal oleh orang-orang sebagai asam urat yang harus diobati.

Obat Asam Urat Tradisional


Penyakit Asam Urat
Jika Anda terserang oleh penyakit asam urat ini, anda tidak perlu terlalu khawatir sebenarnya. Karena banyak sekali bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat. Dan pada artikel ini saya akan memberikan informasi kepada Anda tentang cara mengobati asam urat dengan bahan alami seperi berikut ini:

1. Ubi jalar merah obat asam urat

Ubi jalar, terutama yang berwarna merah bisa kita gunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Caranya, sediakan 200 gram ubi jalar merah, 5 butir cengkeh, 1 buah biji pala, 1 ruas jari kayu manis, 15 g jahe merah, 5 butir kapolaga, 10 butir merica dan gula merah secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 1,5 liter air hingga tersisa 1 liter saja. Airnya disaring dan diminum dua kali sehari, sementara ubinya bisa dimakan.

2. Buah pare mengatasi asam urat tinggi

Siapa sangka, sayuran yang dikenal karena rasanya yang pahit ini dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Caranya pun cukup mudah, ambil buah pare mentah kemduian bersihkan bijinya, potong-potong. Rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas dan minujm airnya setiap hari. Selain mampu mengatasi asam urat tinggi, buah pare juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

3. Daun salam obat asam urat tradisional

Selain biasa dijadikan sebagai bumbu masak, daun salam juga dikenal berkhasiat mengobati berbagai penyakit, salah satunya asam urat. Ambil 10 lembar daun salam, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya dua kali sehari.

4. Takokak dan leunca

Meski bentuknya hamir mirip, takokak dan leunca dua hal yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama bisa mengatasi masalah asam urat. Jika anda menderita penyakit asam urat tinggi, rajinlah menyhantap kedua sayuran ini sebagai lalapan.

5. Jus buah cerry atasi nyeri asam urat

Buah cerry merupakan buah yang kaya antioksidan sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Bagi penderita asam urat, kandungan kalium dalam buah cerry cukup efektif untuk mengatasi rasa nyeri pada persendian akibat asam urat. So, biasakan minum jus buah cerry.

6. Jus buah lemon menetralkan asam urat

Jika jus buah cerry dapat mengurangi rasa nyeri, maka jus buah lemon ini dapat menetralisir asam urat berlebih yang menumpuk pada persendian dengan merangsang tubuh memproduksi kalsium karbonat.

7. Daun kumis kucing obat asam urat alami

Bersihkan 10 gram daun kumis kucing, 10 gram sawi tanah, 10 gram meniran, dan 15 gram jahe merah. Semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya kemudian diminum 3 kali sehari tiap pagi, siang dan sore. Lakuakn secara teratur agar cepat sembuh.

8. Tanaman sidaguri obat asam urat herbal

Tanaman sidaguri dikenal juga dengan nama siliguri, otok-otok, sadagori, dan bitumu. Tanaman ini biasa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi peradangan. Namun, efektif juga digunakan untuk mengobati asam urat. Caranya rebus 30 gram herba sidaguri kering dengan 3 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Saring airnya dan diminum tiga kali sehari secara teratur.

9. Tanaman sambiloto obat asam urat tradisional

Sambiloto merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat terkenal dalam mengobati berbagai penyakit, termasuk asam urat. Caranya ambil 10 gram herba sambiloto, 10 gram rimpang temulawak, 10 gram komfrey dan 1 gram buah lada. Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Airnya disaring dan diminum 3 kali sehari satu jam sebelum makan.

10. Jahe atasi asam urat tinggi

Jahe merupakan bumbu dapur yang biasa dijadikan obat herbal. Jahe memiliki sifat hangat ketika dikonsumsi maupun dijadikan obat luar. Nenek moyang kita sering menggunakan jahe untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri seperti nyeri pinggang, kesleo, rematika dan asam urat. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe ataupun teh jahe sebagai minuman berkhasiat.

Sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobati asam urat. Misalnya dengan menggunakan cuka apel, cuka madu, garam epsom, mandi arang, buah pisang, meniran, tanaman anting-anting, kentang, jagung, seledri, hingga kulit manggis dan daun sirsak. Tapi kalau dibahas semuanya artikel ini akan bertambah panjang dan anda kan malas membacanya :D

Namun yang terpenting adalah bukan mengobati tapi mencegah. Dan untuk mencegah asam urat ini anda harus memperhatikan gayah hidup dan pola makan. Biasakan melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga, tidur cukup dan teratur, hindari alkohol dan jauhi rokok. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C dan perbanyak minum air putih, niscaya asam urat jauh dari kehidupan anda.

Baca juga artikel mengenai gejala asam urat dan gejala rematik untuk menambah wawasan seputar kesehatan. Semoga bermanfaat.