Gejala Usus Buntu, Definisi, Penyebab dan Pengobatan

loading...
Di artikel ini, kita akan membahas mengenai penyakit usus buntu atau appendicitis. Dimulai dari fungsi organ usus buntu, definisi penyakit, penyebab, faktor resiko, gejala dan cara pengobatannya.

Usus buntu atau appendix dan anak limpa yang dahulu dianggap tidak bermanfaat bahkan merugikan karena berpotensi menyebabkan radang usus buntu, sesungguhnya memiliki keutamaan fungsi tersendiri. Melalui hasil studi yang dilakukan di Mount Sinai School of Medicine, justru organ ’sampah’ inilah yang bekerja sangat keras. Usus buntu adalah organ penyimpanan bakteri baik yang membantu proses pencernaan makanan.

Fungsi Usus Buntu


“Sejarah terdahulu menyebutkan ada beberapa bagian tubuh manusia yang dikatakan tidak bermanfaat hanya karena ilmu medis belum memahami fungsi organ-organ tersebut dengan baik.”

Gejala Usus Buntu
Pada tahun 1985, ahli anatomi Jerman, R. Wiedersheim membuat sebuah jurnal mengenai daftar organ vestigial (tidak beguna). Daftar itu mencakup sekitar 100 organ, termasuk usus buntu dan tulang ekor. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, ditemukan bahwa semua organ di dalam daftar Wiedersheim sesungguhnya memiliki fungsi-fungsi amat penting. Misalnya, ditemukan bahwa usus buntu atau umbai cacing, yang dikira organ vestigial, ternyata organ limfoid (penghasil zat anti-kuman) yang melawan infeksi-infeksi di dalam tubuh.

Definisi Penyakit Usus Buntu


Appendicitis adalah kondisi dimana appendix anda membengkak dan terisi oleh nanah. Appendix adalah kantong berbentuk jari yang menonjol keluar dari usus besar pada bagian bawah sebelah kanan perut anda. Appendix ini belum diketahui fungsi pentingnya, tetapi bukan berarti tidak dapat menyebabkan masalah.

Appendicitis menyeabbkan nyeri yang dimulai dari sekitar pusar dan kemudian menjalar ke bawah perut bagian kanan. Appendicitis biasanya meningkat pada 12 sampai 18 jam dan dengan cepat menjadi sangat parah.

Appendicitis dapat berefek pada siapapun, tetapi paling sering terjadi pada mereka yang berusia 10 sampai 30 tahun. Pengobatan appendicitis standar adalah operasi untuk mengeluarkan appendix.

Penyebab & Faktor Risiko


Penyebab appendicitis dapat terjadi karena:
  1. Penyumbatan. Sisa makanan atau kotoran yang mengeras dapat terjebak di dalam lubang pada rongga perut yang mengisi appendix anda
  2. Infeksi. Appendicitis dapat juga dikarenakan infeksi, seperti infeksi virus gastrointestinal, atau mungkin karena jenis pembengkakan lainnya.

Pada kedua kasus, bakteri dapat menyerang dengan cepat, menyebabkan appendix meradang dan terisi oleh nanah. Jika tidak diobati secara benar, appendix dapat pecah.

Gejala Penyakit Usus Buntu


Tanda dan gejala usus buntu (appendicitis) antara lain:
  • Nyeri gatal yang dimulai dari sekitar perut dan sering manjalar ke perut bagian kanan bawah
  • Nyeri yang menjadi tajam dalam beberapa jam
  • Rasa kebal ketika anda menekan perut bagian kanan bawah
  • Nyeri yang tajam pada perut bagian kanan bawah yang terjadi ketika area di tekan dan kemudian tekanan tersebut dilepas dengan capat
  • Nyeri yang memburuk ketika anda batuk, berjalan atau membuat gerakan bergetar
  • Mual
  • Muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Demam ringan
  • Konstipasi
  • Sulit buang angin
  • Diare
  • Bengkak pada daerah perut

Lokasi rasa sakit bervariasi, berdasarkan pada usia dan posisi appendix anda. Anak-anak dan wanita hamil, khususnya dapat memiliki nyeri appendicitis pada tempat yang berbeda.

Oke, itu dia penjelasan mengenai gejala penyakit usus buntu atau appendicitis. Di artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengobati penyakit usus buntu. Jadi jangan sampai ketinggalan.

13 comments:

  1. Langkah pencegahan terbaik adalah menggunakan ramuan dari tanaman herbal.

    BalasHapus
  2. apakah ada pantangan makan setelah melakukan operasi usus buntu....???? dan apakah resiko setelah dilakukan operasi usus buntu.....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah melakukan operasi usus buntu, maka harus menghindari makanan yg menyebabkan gas seperti kol, brokoli, lobak, kembang kol dan jamur. Untuk menghindari rasa sakit pada luka sehabis operasi hindari mkanan sprti daging merah, produk gula, produk susu, serta makanan yg dapat menyebabkan sembelit.

      Untuk efek samping, jika prosedur operasi dilakukan dengan benar maka tidak akan ada efek sampingnya.

      Kalau anda benar2 ingin melakukan operasi, tentu dokter akan menjelaskan masalah2 diatas.

      Hapus
  3. sya dah 2 thun in skit usus bntu tp lum oprasi...it efek na apaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya puya solusi buat peyakit mbak nama obat nya adalah juskulit manggis komsisi nya terbuat dari kulit manggi.buah murbei,daun sisak,madu,rosela itu mengobati semua peyakit

      Hapus
  4. maaf dok mau tanya
    pada saat makan,mkanan sudah msuk tiba2 prut trasa nyeri bahkan nyeri yg sngat hebat,itu salah satu tanda/gejala apendisitis atau gastritis ?
    mohon jwabannya,trimakasih.

    BalasHapus
  5. penyakit bisa datang kepda siapa saja, tanpa mengenal tua- muda, kaya-miskin,susah atau senang, dimanapun berada ...nah ketika penyakit datang, pelu dana untuk pengobatan, sudah siapkah tabungan anda mengatasi masalah tersebut??? disinilah perlunya sebuah perencanaan keuangan yang matang tanpa memandang status golongan masyarakat...minat?? invite pin bbm 527BAD62

    BalasHapus
  6. wih mantab banget dah, makasih banyak infonya

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-infeksi-usus/

    BalasHapus
  7. thanks atas infonya, sangat bermanfaat sekali ditunggu artikel yang lainnya

    http://goo.gl/bSJsvO

    BalasHapus
  8. ketika shit up perut sebelah kiri terasa sakit itu kenapa ya ?

    BalasHapus
  9. isi artikelnya sudah bagus tetapi belum disertakan sumber datanya,sebagai bentuk penghargaan kepada yang mengeluarkan teori tersebut.

    BalasHapus
  10. Saya lebih memilih untuk menggunakan beberapa fitur dari blog anda yang dipasang pada di blog saya apakah Anda tidak keberatan. Tentu saja aku akan memberikan link di blog web Anda. Terima kasih telah berbagi.
    cara menyembuhkan eksim
    cara menyembuhkan bronkitis
    cara menghilangkan kurap kulit kepala

    BalasHapus
  11. wah emang penyakit ini berbahaya, harus segera di tangani segera
    ini jga ada artikelnya penyakit usus buntu

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.