Gejala Diabetes atau Penyakit Kencing Manis

Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otot dan jaringan.

Jika anda memiliki diabetes tipe apapun, itu berarti anda memiliki terlalu banyak glukosa. Terlalu banyak glukosa dalam darah akan menyebabkan masalah yang serius. Diabetes kronis terdiri dari diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Gejala Diabetes
Pemeriksaan Diabetes
Beberapa gejala klasik penderita diabetes mellitus antara lain: sering buang air kecil, sering merasa haus dan lapar, serta badan lemas dan sering mengantuk.

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus


Gejala diabetes bervariasi berdasarkan jenis diabetes yang anda miliki. Jika anda memiliki prediabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal tapi belum cukup dikategorisasikan sebagai diabetes) atau gestational diabetes (gula darah yang meningkat saat kehamilan) mungkin tidak akan mengalami gejala.

Gejala Diabetes Tipe1 (pada anak-anak)


Mengenali gejala diabetes tipe satu pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejalanya sering salah dikira penyakit flu. Selain itu gejalanya terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang.

Anak dengan diabetes tipe 1 biasanya memiliki gejala awal sebagai berikut:

1. Sering berkemih
Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.

2. Banyak minum
Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.

3. Berat badan berkurang
Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.

4. Mudah lelah
Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

Gejala-Gejala Diabetes Tahap Lanjut


Diabetes tipe 1 umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja meskipun pada dasarnya dapat terjadi pada usia berapapun. Diabetes tipe 2 yang merupakan tipe yang paling umum dapat terjadi pada usia berapapun dan sering dapat dicegah.

1. Berat badan turun dengan cepat
Buat penderita diabetes, jangan senang dulu jika berat badan Anda turun dengan cepat. Ini bukan diakibatkan karena diet yang sukses, namun lebih disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menyusut.

2. Sering Kesemutan
gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.

3. Luka yang sulit sembuh
Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka. Mereka bahkan kadang tidak sadar telah terluka. Gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk. Jika sudah sampai tahap ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkannya.

Gejala Diabetes Pada Wanita


Sementara itu, sayangnya dari beberapa gejala khusus yang sering dialami wanita namun tidak disadari mereka. Lantas, gejala-gejala apa saja itu biasanya hadir itu? Di bawah ini ada beberapa gejala yang dapat Anda harus waspadai dan segera konsultasi ke dokter, menurut Imam, di antaranya sebagai berikut:
  1. Infeksi vagina yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang, meskipun telah mendapatkan pengobatan.
  2. Wanita diabetes lebih mudah terserang infeksi jamur di daerah organ intim karena daerah tersebut mengalami kelambaban cukup tinggi.
  3. Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar.
  4. Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome. Keseimbangan hormon terganggu yang akan menganggu sistem reproduksi.
  5. Pemicu diabetes juga, biasanya ditemukan pada wanita yang mengalami depresi.
  6. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibanding pria

Penyebab & Faktor Risiko Diabetes


Untuk dapat mengerti tentang diabetes anda harus mengetahui bagaimana glukosa diproses tubuh secara normal.

Bagaimana glukosa bekerja secara normal
Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh. Glukosa berasal dari dua sumber yang utama, yaitu makanan dan hati. Saat mencerna makanan gula diserap ke dalam aliran darah dengan dibantu oleh insulin (hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat). Hormon insulin dihasilkan oleh pankreas.

Dalam proses ini hati bertindak sebagai gudang penyimpanan dan pusat pengolahan. Contohnya ketika anda tidak makan untuk beberapa waktu, hati akan melepaskan glukosa yang tersimpan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal.

Penyebab Diabetes


Penyebab diabetes tipe 1
Pada diabetes tipe 1, sistem imun anda yang normalnya berfungsi untuk melawan bakteri atau virus malah menyerang hormon insulin. Kondisi ini membuat anda kekurangan atau bahkan tidak memiliki insulin. Alih-alih dihantarkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam aliran darah.

Penyebab prediabetes dan diabetes tipe 2
Pada kondisi prediabetes – yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 – dan diabetes tipe 2, sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin. Alih-alih mengalirkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif merupakan faktor penting.

Penyebab gestational diabetes
Saat kehamilan, plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini membuat sel lebih resisten terhadap insulin. Seiring pembesaran plasenta pada tiga bulan kedua dan ketiga, maka hormon tersebut semakin banyak dihasilkan.

Normalnya pankreas akan merespon dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Tetapi terkadang pankreas justru tidak mampu meresponnya. Ini membuat glukosa banyak menumpuk di darah dan tidak terserap ke dalam sel.

Faktor risiko terkena diabetes


Faktor risiko diabetes didasarkan pada tipe diabetes.

Faktor risiko diabetes tipe 1

Meskipun penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui, faktor keturunan mungkin mempengaruhi. Faktor lainnya adalah terkena penyakit yang disebabkan virus.

Faktor risiko diabetes tipe 2

• Lemak.
Semakin banyak lemak pada jaringan tubuh anda, semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin.
 
• Perilaku pasif.
Perilaku pasif akan membuat lemak dalam tubuh tidak terbakar. Aktifitas fisik akan membantu mengontrolnya dan semakin banyak penggunaan glukosa untuk energi maka semakin sensitif sel anda terhadap glukosa.

• Faktor keturunan.

• Usia.
Risiko akan meningkat seiring dengan usia dimana aktifitas fisik cenderung menurun.

• Gestational diabetes.
Jika anda memiliki gestational diabetes ketika hamil, maka risiko mengalami prediabetes dan diabetes tipe 2 akan meningkat kemudian. Jika bayi yang anda lahirkan memiliki berat lebih dari 4 kilogram maka anda juga berisiko terkena diabetes tipe 2.

• Polycystic ovary syndrome.
Ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, tumbuh rambut yang terlalu banyak dan obesitas.

Kondisi lain yang terkait diabetes antara lain:

Pencegahan Penyakit Diabetes


Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Akan tetapi diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.
  • Makan makanan sehat rendah kalori dan lemak
  • Lebih aktif secara fisik, khususnya dengan berolahraga
  • Jaga berat badan ideal

33 comments:

  1. Artikelnya bermanfaat sekali. memang diabetes yg selama ini saya ketahui berasal dari pola makan dan keturunan.
    Secara, makanan yg kita konsumsi skrang ini bnyk kandunga kimia. mari budayakan pola hidup sehat dengan menghindari makanan yg kurang sehat tentunya :) hehehehe

    BalasHapus
  2. Makan bila lapar, minum bila dahaga. Makan sedikit tetapi berkhasiat. Biasakan perut kita dengan 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara. Amalkan berpuasa setiap sunnah... Insyaaa Allah kesihatan terkawal. ruzzaman@yahoo.com

    BalasHapus
  3. saya ad penawar untuk penyakit ini...info lanjut bleh huungi saya di at daus950404@yahoo.com.my.tq

    BalasHapus
  4. kaya temen Lia, masih muda udah kena diabetes.. Kasihan sekali karena setiap hari harys minum obat..
    Thanks infonya min :)
    Kunjung juga ya ke blog Lia :D (promosi)
    http://diary-pricillia.blogspot.com

    BalasHapus
  5. ini dia nih pnyakit yang mnyeramkan, diabetes. tapi dengan mnjaga pola hidup kita, insya allah akan terhindar.
    mkasih infonya, sangat bermnfaat.
    mampir ya mampir ya
    Obat diabetes melitus ampuh

    BalasHapus
  6. bagi yang punya penyakit diabetes karena faktor katurunan, jangan khawatir sebab penyakit ini bisa kita hindari dengan cara hidup sehat dan perhatikan pola makan yang sehat.

    BalasHapus
  7. wah, informasi yang sangat lengkap sekali, terima kasih informasi-nya sangat membantu dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. Informasi yang sangat bermanfaat...
    pengantin baru....? Mau cepat hamil...?ini tips nya menghitung masa subur dengan sistem kalender

    BalasHapus
  9. semoga bisa selalu meningkatkan kualitas hidup
    http://diabetesmelitus.net/apa-itu-diabetes/#.VLbxElfMD7M.facebook

    BalasHapus
  10. Terima kasih sekali infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Terima kasih sekali info nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. artikelnya bagus dan makasih atas infomasinya sangat bermanfaat bagi kami, dan saya dari kebun bibit menawarkan beberapa tanaman obat untuk mengobati penyakit diabetes, bila anda minat bisa kunjungi link kami http://kebunbibit.id/diabetes/

    BalasHapus
  13. makasi banget ya, jadi lebih waspada kalau tahu ada beberapa gejala yang sudah disebukan. :D

    BalasHapus
  14. makasi banget ya, jadi lebih waspada kalau tahu ada beberapa gejala yang sudah disebukan. :D

    BalasHapus
  15. Cara terbaik ialah dengan mencegah

    BalasHapus
  16. gejala gejala itu memang sangat patut untuk diwaspadai gan, tapi kita juga harus menanggulanginya secepat mungkin dengan beberapa cara termasuk olahraga ringan, saya pernah baca sumber terkait kok

    http://obatdiabetesku.web.id/olahraga-dapat-menghindari-mengobati-penyakit-diabetes-seseorang/

    BalasHapus
  17. Minum rebusan daun insulin / daun yakon untuk stabilkan gula darah.

    BalasHapus
  18. terima kasih om sangat membantu artikelnya

    kunjungan balik http://mastersehatku.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. "Sehat itu Mahal", segera lakukan pemeriksaan. Di bingkis.co.id lagi ada diskon pemeriksaan gejala diabetes dari Biotest

    BalasHapus
  20. Obat diabetes hubungi kami 085326798786

    BalasHapus
  21. Apple Stem Cell Plus terbukti dapat menormalkan kembali kadar gula dalam darah, bahkan yang sudah borokan pun bisa kering lukanya tanpa perlu diamputasi. Hal ini disebabkan oleh kandungannya yang mampu meregenerasi sel, mengaktifkan sel yang tertidur, memulihkan sel yang rusak. Dalam hal ini mengaktifkan pankreas untuk memproduksi insulin.

    Lihat testimoni di
    http://biogreen-science-indonesia.blogspot.com/p/testimoni.html

    BalasHapus
  22. PENGALAMAN VAIDYA DR.LUQMAN DALAM MERAWAT MASALAH PESAKIT KENCING MANIS YANG SUDAH MENGHADAPI MASALAH BUAH PINGGANG YANG TERUK.
    ===============
    -
    Antara topik yang akan dijelaskan ialah mengapa walaupun sudah makan ubat kencing manis berpuluh-puluh tahun menyebabkan buah pinggang rosak dan kreatinin tinggi?
    - Apa itu kreatinin dan mengapa ia dijadikan ukuran?
    - Mengapa pesakit kencing manis selalu juga akan ada darah tinggi.
    Maklumat lanjut tentang rawatan herba Luqman Ayurveda dalam merawat kecing manis/diabetes dengan SELAMAT dan BERKESAN beserta dengan video-video lain(sebelah kiri) boleh dilihat di website: http://www.luqmanherbscentre.com/index.php/diabetes
    Luqman Herbs Centyre,Seksyen 9 Bandar Baru Bangi.
    Appoinment: 0146332307 (Dr.Luqman)
    Pertanyaan/ pembelian ==> www.facebook.com/messages/LuqmanHealing
    @ sms/whatsapp : ke 0192583270 (Pn.Syaz)

    Luqman Herbs Centre (Pusat Rawatan Naturopati,Herba Ayurveda dan Homeopati) menyeiakan rawatan /ubat bagi menyelesaikan masalah2 seperti kencing manis,darah tinggi, penyakit kulit psoriasis,ekzema,sopak/vitiligo, dan sebagainya.

    Maklumat lanjut: https://www.facebook.com/LuqmanHealing @
    http://www.luqmanherbscentre.com/

    BalasHapus
  23. Kami menyediakan daun insulin (tithonia diversifolia), akar alang2, kulit manggis, pegagan, sambiloto, daun dewa, pasak bumi, putwoceng, jahe, kencur, kunyit, temulawak dll dalam bentuk kering/simplisia bubuk/powder. Hubungi 082226567838 atau add pin bbm 238e6dda.

    BalasHapus
  24. Kami menyediakan daun insulin (tithonia diversifolia), akar alang2, kulit manggis, pegagan, sambiloto, daun dewa, pasak bumi, putwoceng, jahe, kencur, kunyit, temulawak dll dalam bentuk kering/simplisia bubuk/powder. Hubungi 082226567838 atau add pin bbm 238e6dda.

    BalasHapus
  25. huhu, saya sebagai pelatih jururawat, sepanjang pengalaman saya, memang sedih bila lihat pesakit diabetes ni...malah arwah maklong saya juga adalah penghidap kencing manis dan tumit kakinya telah pun dipotong untuk mengelakkan ianya berjangkit ke sel-sel yang lain.
    sayang, sebab terlewat jumpa penawarnya.
    sebab utama diabetes @ kencing manis ini terjadi adalah kerana kurangnya penghasilan insulin oleh pankreas, organ badan kita.
    jika masalah ini dapat diselesaikan, pasti masalah diabetes boleh dirawat...insya-Allah.
    hendak tahu penerangannya lebih lanjut, sila ke laman ini :
    #blogspot : rawatankanser2013

    BalasHapus
  26. Kami menawarkan herbal daun insulin untuk membantu mengobati penderita diabetes, yang terdiri dari:
    Kapsul Daun Insulin
    Kapsul Ekstrak Murni Daun Insulin
    Ten Celup Daun Insulin

    BalasHapus
  27. Aaku ada penawar kncing manis,buah pinggang.kanser..yg mujarab..sudah ramai yg sembuh.hubungi aku 0124156040 zul

    BalasHapus

  28. Daun Yakon kaya akan kandungan insulin, bagus untuk menurunkan gula darah secara alami, terutama untuk pankreas yang hanya sedikit memproduksi insulin sehingga gula darah cepat naik...

    BalasHapus
  29. Bagi saya adalah seperti bacaan artikel di atas, berat badan semakin berkurang, sangat menakutkan sekali jika kita tidak bisa merawat tubuh di karenakan pada pola makan kita yang tidak sehat, pleassse... kira-kira ada nggaak pencegahan agar tubuh kita terhindar dari Diabetes Mellitus yang menakutkan kayak gini,...
    http://sugeng14.blogspot.co.id

    BalasHapus
  30. Menakutkan sekali penyakit diabetes . Sampai-sampai ada saudara saya yang mengalaminya harus terus-terusan menerima suntikan insulin. Padahal Saya sudah bilang sebelum parah tuh konsumsi Nature Diablast.

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.