Gejala Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Penyakit jantung masih merupakan pembunuh No 1 di Indonesia bahkan di dunia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah banyak para penderita sakit jantung yang mengabaikan gejela-gejala penyakit jantung. Hal ini bisa dimaklumi mengingat tidak banyak orang yang tahu seperti apa ciri-ciri dan gejala serangan jantung. Namun tentu saja hal seperti tidak boleh dibiarkan.

Serangan Jantung
Nah, berikut ini ada beberapa informasi terkait gejala penyakit jantung dan tanda-tanda seseorang terkena serangan jantung. Simak baik-baik!

A. Gejala Penyakit Jantung


Berikut ini gejala-gejal penyakit jantung yang sering diabaikan, seperti dilansir oleh detikhelath:

1. Sering Kelelahan

Jika Anda kerap merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas berat, segera konsultasikan ke dokter pribadi. Ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada jantung. Rasa lelah ini juga sering dirasakan saat bangun tidur.

2. Sering Berkeringat

Umumnya seseorang berkeringat usai berolahraga atau saat cuaca panas. Namun jika Anda mudah berkeringat, meski tidak melakukan apapun, kemungkinan jantung Anda bermasalah.

3. Mual Berlebihan

Gejala gangguan jantung diawali dengan pembengkakan di bagian perut. Hal ini menyebabkan penderita kehilangan nafsu makan dan merasakan mual berlebih.

4. Merasa Cemas dan Tegang

Banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. Alhasil, mereka yang pernah mengalami serangan jantung lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan akan kematian. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan psikologi dan stres yang menyebabkan serangan lebih sering.

5. Nyeri pada bagian tubuh

Rasa nyeri menjadi pertanda kuat penyakit jantung. Pada pria, rasa nyeri dirasakan di bagian lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit di kedua lengan. Rasa sakit datang dan pergi ini juga dirasakan di bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri.

6. Nyeri di dada

Ini merupakan gejala umum masalah jantung. Wanita akan lebih mungkin merasakan nyeri di bagian dada karena penyumbatan arteri yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mati rasa dan kelemahan tubuh.

7. Sakit kepala
Mereka yang memiliki masalah pada jantung, akan merasakan sakit kepala saat terkena paparan cahaya. Ini berpengaruh pada denyut jantung, entah itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat.

Terutama pada wanita yang sering mengalami migren atau gangguan visual, setidaknya dua kali dalam sebulan, perlu waspada. Bisa jadi ini merupakan gejala perkembangan penyakit jantung. Demikian menurut studi yang diterbitkan American Academy of Neurology. Menurut peneliti, ini terjadi karena penyimpangan sirkulasi darah yang menyebabkan sakit kepala parah.

8. Denyut jantung tak teratur

Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

9. Sesak napas

Sesak napas disebabkan karena penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Ini juga berakibat pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

10. Pembengkakan Kaki dan Perut

Pembengkakan terjadi ketika cairan menumpuk di dalam tubuh. Umumnya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan perut. Gejala ini merupakan tanda bahwa jantung sedang mengalami kecacatan serta adanya kelainan pada katup jantung.

B. Gejala Serangan Jantung


Setelah di bab pertama kita mengenali seperti apa gejala penyakit jantung, yang berarti ada kerusakan fungsi jantung, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai gejala serangan jantung yang harus diwaspadai.

Pada pria, gejala jantung pun dapat dilihat dari gangguan fungsi seksual serius dan kebotakan rambut. Kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh dikaitkan sebagai faktor pemicu gangguan jantung. Untuk itu, anda perlu mengetahui dan mewaspadai gejala serangan jantung yang muncul tiba-tiba:

1. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.

2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).

3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin.

4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung.

Nah, jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera bawa penderita ke Rumah Sakit. Kalau didiamkan akan berakibat fatal.

18 comments:

  1. saya merasakan tekanan di jantung dan nyeri di sekujur lengan kiri. bagaimana ya mengobati penyakit jantung bawaan seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas aku jg susah tp aku konsul ke dr jantung dan dikasih obat penenang, maag, dan saraf

      Hapus
  2. ada beberapa yang sering muncuk, jadi ngeri nih....
    makasih infonya.....

    BalasHapus
  3. Saya juga mengalami sesak napas,nyeri di dada dan tiba2 pingsan dan langsung tersadar apakah itu pertanda jantungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah ada tanda2 seperti itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter supaya didiagnosa agar hasilnya lebih akurat.

      Hapus
  4. untuk mendapatkan informasi lain tentang jantung, silahkan kunjungi

    DokterGaul.Net

    BalasHapus
  5. Saya sering kedinginan tangan kaki leher sering keluar keringat dingin napas terganjal diulu hati gmn cara ngatasinya mhn saran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter untuk dilakukan diagnosa lebih lanjut.

      Hapus
  6. wow sangat membantu nih mengingat negara kita penyakit jantung termasuk penyakit yang tergolong tinggi resikonya.

    buat tambahan bro, mampir ya.
    http://www.bronis.us/2013/08/indikasi-penyakit-jantung.html

    BalasHapus
  7. sekedar berbagi informasi saja ya,.,. :)
    usia saya 21 satu tahun dan saya memiliki kelainan pada jantung saya
    gejala yang saya rasakan sebelum saya dapat fonis seperti itu
    1. sering gemetaran
    2. tekanan darah tinggi
    3. dada seperti di tekan benda berat (yang punya adik kecil coba suruh adiknya duduk di dadanya nah rasanya seperti itu)
    4. nyeri di dada terjadi berulang2 biasanya kalo saya kambuh dalam satu menit bisa nyeri sampe 3/4 kali
    5. nyeri di lengan kiri terasanya dari pundak kiri sampe ke lengan tangan kiri.
    6. kalo sudah kambuh biasanya punggung terasa pegal (pegal gak jelas pas di belakang punggung sekitar jantung)

    buat tambahan pesan yang perlu di perhatikan yaitu
    tiga penyakit ini
    1, maag
    2, hati
    keran beberapa gejala mirip dengan penyakit jantung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sharingnya. Semoga bisa bermanfaat bagi yg lain, setidaknya lebih waspada. Dan semoga penyakitnya cepat disembuhkan.

      Hapus
  8. Sya sering berasa nyeri jantung sya bila menarik nafas,!

    BalasHapus
  9. Kalo Saya Tiba2 Sakit Di Bagian Dada Mungkin Tepatnya Di Jantungg,Jantungg Saya Seperti Di Tusuk2!! Nahh Ituu Gmna? Trmasuk Penyakit Jantungg Gakk?

    BalasHapus
  10. kejadian yang saya alami kemarin malam ketika menyetir malam, tiba2 jantung berdegub kencang lain dari biasa nya.. saya rasa kan sampai punggung bagian belakang.. nafas tersengal, berdegup kurang lebih 5 menit baru bisa normal. apakah itu termasuk gejala2 serangan jantung. usia saya saat ini 28 tahun..

    BalasHapus
  11. termakasih atas pencerahannya... sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  12. ass..numpang share,.,sy kadang mrasa degup jantung sy turun sprti qt sedang naik mobil/kendaran kemudian ad jalan raya yg curam/turun. trz kira2 itu jntung atw hati yg brmslh ych.,.,,.,?mhon share'a dr smwa...thn'x

    BalasHapus
  13. sakit kepala, sesak nafas (kadang2) , tremor , keringat berlebihan , badan pegal2. itu yg sering saya alami. apakah masuk ke kategori penyakit jantung

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.