Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

loading...
Mengenal penyakit katarak mulai dari gejala, penyebab, faktor resiko, hingga cara pencegahan. Apa itu katarak? Katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Mata KatarakBanyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata anda.

Tetapi jika hal ini sangat mengganggu keseharian anda, maka operasi merupakan prosedur yang anda butuhkan. Kabar baiknya prosedur operasi pengangkatan katarak mata aman dan efektif untuk dilakukan. Selain itu, pemerintah kita sekarang sudah menyediakan operasi mata katarak secara gratis.

Gejala Katarak


Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Tanda dan gejala katarak antara lain:

  • Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
  • Sulit melihat pada malam hari
  • Sensitif pada cahaya
  • Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar
  • Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas
  • Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut
  • Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat
  • Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata

Katarak tidak membahayakan kesehatan fisik anda sampai katarak menjadi parah. Kondisi yang parah ini dapat menyebabkan radang, nyeri dan sakit kepala.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab Munculnya Penyakit Mata Katarak


Seiring usia, fleksibilitas mata mengalami penurunan, begitpula dengan ketebalan dan kejernihan mata. Lensa terdiri dari air dan serat protein. Dengan bertambahnya usia, komposisi mata mengalami perubahan dan struktur serat protein mengalami penurunan. Beberapa serat protein akan menggumpal dan menyebabkan noda pada lensa mata.

Ada tiga jenis katarak, diantaranya adalah :

A. Nuclear
Katarak terjadi tengah lensa. Pada tahap awal akan ada perubahan pada fokus cahaya. Untuk sementara waktu anda akan mengalami kemajuan penglihatan khususnya dalam membaca. Tetapi kemudian penglihatan akan mejadi menguning dan terbentu noda putih pada lensa. Lebih lanjut lagi daya lihat akan memburuk dengan penglihatan menjadi coklat. Pada tahap yang parah akan sulit membedakan warna karena pandangan akan menjadi biru atau ungu.

B. Cortical
Katarak ini dimulai dengan terbentuknya noda pada lapisan luar mata. Proses ini berjalan dengan lambat. Kemudian noda ini dapat menjalar ke bagian tengah lensa dan mengganggu aliran cahaya ke pusat lensa. Orang dengan katarak jenis ini akan mengalami silau ketika melihat cahaya.

C. Subcapsular
Katarak jenis ini dimulai dengan terbentuknya area buram dibawah lensa. Katarak ini biasanya terbentuk di belakang lensa yang merupakan jalan cahaya ke retina mata. Katarak ini sering mempengaruhi kemampuan baca, mengurangi kemampuan melihat dalam cahaya terang dan menyebabkan silau atau lingkaran cahaya ketika melihat sinar di malam hari.

Ilmuan tidak mengetahui dengan jelas mengapa usia mempengaruhi perubahan lensa mata. Satu kemungkinan adalah rusaknya lensa karena molekul yang tidak stabil yang merupakan radikal bebas. Asap dan terkena sinar ultraviolet adalah dua sumber radikal bebas tersebut.

Usia bukanlah satu-satunya penyebab mengapa lensa mata mengalami perubahan. Beberapa orang lahir dengan katarak bawaan atau mengalaminya saat masa kanak-kanak. Katarak juga dapat disebabkan sang ibu terkena German measles (rubella) pada saat kehamilan. Penyakit ini juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Faktor Risiko Terkena Mata Katarak

Faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terkena katarak antara lain :
  • Usia
  • Diabetes
  • Sejarah keluarga dengan katarak
  • Pernah mengalami cedera atau radang pada mata
  • Pernah mengalami operasi mata
  • Penggunaan corticosteroids dalam jangka waktu lama
  • Terkena sinar matahari secara berlebihan
  • Terkena radiasi ion
  • Merokok

Pencegahan Penyakit Katarak


Langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terkena katarak antara lain :
  • Jangan merokok
  • Makan makanan dengan gizi seimbang
  • Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari
  • Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Penderita mata katarak memang didominasi oleh usia lanjut. Namun dengan menjaga kesehatan secara umum, penyakit katarak ini bisa dihindari.

12 comments:

  1. gan keren tu blognya,, ada di mana - mana saya liat...
    saya ada produk herbal jus kulit manggis XAMthone Plus, jika agan berminat untuk menjualnya saya akan berikan informasi bisnisnya email saya sangtugerich@gmail.com atau agan mau hubungi saya di 081238305401...
    thx...(y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dimana-mana? Maksudnya?

      Terimakasih tawarannya. Kalo untuk jualan mohon maaf gan. Saya ga berbakat :D

      Hapus
  2. saya serching nama - nama penyakit selalu muncul...
    serius gan?,, kan bisa belajar...hehehehe
    lumayan buat nambah" penghasilan...:)

    BalasHapus
  3. Mata adalah perhiasan yg harus dijagaa..perhiasan itu harus membuat pemiliknya cantik mempesona..hahaha.. hias lah mata anda dengan softlens X2,Acuvue,Freshlook dll... Agar tampaak lebih cantik......

    BalasHapus
  4. apakah operasi lasik mata juga bisa berefek pada katarak ? terima kasih.

    BalasHapus
  5. salam gan suatu artikel yang sangat bermanfaat
    sian gan salam sehat dari kami Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa mengancam nyawa
    jika anda menderita penyakit tersebut maka kami sarankan untuk di obati dengan jelly gamat gold g, yaitu obat herbal terbaik atasi penyakit anda sampai tuntas bagi anda yang berminat caranya dengan via sms yaitu dengan mengikuti format seperti berikut :
    Ketik GAN : Jumlah Pesanan: Nama : Alamat : No.HP/Telp anda

    kirim ke 081.220.617.666

    Contoh

    GAN : 4 Botol : Dista Anggara : Jln Rajawali Citra No 08 Jakarta Barat : 087767811xxx

    Kirim ke 081.220.617.666

    BalasHapus
  6. salam kenal.. mantab bro blognya... sukses ya

    BalasHapus
  7. tanya mas kalau rata rata 18 jam sehari di habisin di sepan komputer itu bahaya ngak sih? btw thnks infonya

    BalasHapus
  8. infonya sangat bermanfaat mas, mas tolong kasih postingan cara mengobati mata katarak secara alami dong. tapi apa ada yah selain operasi :D
    paman saya umur 43thun kok sudah kena ya mas, tapi dia perokok dan peminum berat sih. pantes juga kena :D

    makasih mas, saya banyak menambah pengetahuan dari website ini. TOP BGT dah !

    BalasHapus
  9. kren y mas.... pasti ini blog mastah
    ane salut kok nga taruh iklan gitu mas
    tambahan apa penyebab katarak juga http://www.nasutionsehat.com/2015/04/apa-penyebab-mata-katarak.html

    BalasHapus
  10. Saya ada tetimoni untuk katarak mata yang tidak perlu dioperation kini dengan mata aslinya,.slemat beribu untuk oprate..0136240955

    BalasHapus

  11. Info yang berguna mengenai penyebab katarak. Katarak boleh disebabkan oleh faktor usia dan faktor sekunder iaitu penyakit kronik seperti kencing manis dan darah tinggi. Untuk mencegah katarak, mata perlu dijaga dari awal kerana proses pembentukan selaput pada kanta mata adalah satu proses yang perlahan dan berterusan. Bagi mencegah penyakit ini, seseorang yang berisiko tinggi digalakkan untuk mengamalkan pemakanan yang kaya dengan Vitamin C, beta-carotene dan Vitamin E. Selain itu, bagi mereka yang menghidap penyakit-penyakit kronik, kawalan penyakit itu sangat penting. Merokok dan pengambilan minuman keras juga tidak digalakkan kerana ia boleh mengurangkan kandungan air di dalam kanta dan menyebabkan kanta menjadi kering dan tidak kenyal.

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.