Gejala Stroke, Penyebab dan Cara Pencegahan

Mengenal penyakit stroke, mulai dari gejala, penyebab dan cara pencegahan. Apa itu stroke? Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf otak.

Gejala Stroke
Jumlah penderita stroke di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lembaga mencatat telah terjadi sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan maupun berat. Karena itu pengobatan awal serta pencegahan menjadi perang penting dalam memerangi stroke.

Penyebab Penyakit Stroke


Ada dua faktor yang merupakan penyebab stroke yaitu resiko medis dan resiko perilaku

1. Faktor risiko medis
Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah). Menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

2. Faktor risiko perilaku
Faktor resiko perilaku disebakan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food dan junk food). Faktor resiko perilaku lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas. Salah satu pemicunya juga adalah susasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas.

Gejala Serangan Stroke


Pada tingkat awal, masyarakat, keluarga dan setiap orang harus memperoleh informasi yang jelas dan meyakinkan bahwa stroke adalah serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat difahami. Hal ini penting agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke.

Tanda-tanda utama serangan stroke :
  • Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja
  • Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti
  • Satu mata atau kedua matamendadak kabur
  • Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan
  • Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya

Selain itu harus dijelaskan pula kemungkinan munculnya tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan atau harus diwaspadai, yaitu;
  • Rasa mual, panas dan sangat sering muntah-muntah
  • Rasa pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak

Cara Mencegah Penyakit Stroke


Adapun, untuk menghindari stroke seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan termasuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah 10 langkah yang dapat Anda lakukan guna menghindarkan diri dari serangan stroke.

1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok
Kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal.

2. Periksakan tensi darah secara rutin
Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, ceklah tensi darah secara teratur.

3. Kendalikan penyakit jantung
Kalau Anda memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

4. Atasi dan kendalikan stres dan depresi
Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.

5. Makanlah dengan sehat
Anda mungkin sudah mendengarnya ribuan kali, namun penting artinya bila Anda disiplin memakan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah.

Dengan mengenali tentang gejala dan penyebab serta resiko stroke, diharapkan kita semua lebih waspada dan hati-hati dengan selalu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

6. Kurangi garam
Karena garam akan mengikatkan tekanan darah.

7. Pantau berat badan Anda
Memiliki badan gemuk atau obes akan meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke.

8. Berolahraga dan aktif
Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu Anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

9. Kurangi alkohol
Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi.

10. Mencari Informasi
Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan atau menekan risiko stroke. Berhati-hatilah, beragam hormon termasuk pil dan terapi penggantian hormon HRT diduga dapat membuat darah menjadi kental dan cendrung mudah menggumpal

5 comments:

  1. teman-teman yang mempunyai pengalaman sama, mari berbagai untuk saling melengkapi, tulis pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini . . .

    pasien stroke : bapak saya, usia 73, ini serangan stroke ke-3, telah dirawat di rumah sakit 3 kali, sekarang dirawat di rumah, lumpuh total, bicarapun tidak jelas, kelu atau pelo

    dukungan keluarga sangat penting untuk memompa semangat pasien cepat pulih. jangan percaya 100% pada perawat, dia menemani pasien atas dasar uang, sedang anggota keluarga atas dasar hati :-)

    pagi-pagi jam 04:30, bapak saya pandu sholat shubuh, dengan tayamun dan sholat dua rekaat dengan berbaring.

    jam 05:00, diberi fisioterapi, awalnya mengamati ahli fisioterapi di rumah sakit saat menerapi bapak, selanjutnya saya tiru dan praktekkan pada bapak. filosofinya melakukan pelenturan pada persendian agar otot-otot tidak kaku, tiap arah gerak sendi 5 kali. kesuksesan fisioterapi bisa dilihat bila pasien jadi ngantuk dan tidur, berarti terapi pas dan nyaman

    jam 05:30, mandi pagi, karena lumpuh, mandi dengan usap lap basah / sibin coro jowone :-), seminggu sekali mandi dengan siram air hangat. bila pasien merasa nyaman, maka selama diusap akan tertidur . . . emang pasien stroke banyak tidurnyaaa :-)

    06:00, makan pagi, karena susah mengunyah dan syaraf menelan juga terganggu diserang stroke, semua makanan digiling atau diblender halus.

    06:30, lanjut minum obat, obat pil / tablet digerus halus, suapkan dalam larutan madu encer, untuk mengurangi rasa pahit atau getas obat

    07:00, ajak jalan-jalan, gunakan kursi roda, dan berjemur sinar matahari pagi. jangan diisolasi, bila perlu di pinggir lalu-lalang orang banyak, agar otaknya teraktifasi lebih banyak.

    08:30, rebahan dan ajak sholat sunnah dhuha.

    09:30, beri minum jus buah, dan kuota air 2 liter per hari harus habis, agar fungsi organ tubuh terjaga.

    10:00, diberi fisioterapi agar otot dan sendi tetap lentur, jangan lupa bagian leher, rahang dan pipi juga diterapi, bagian ini sering terlewati

    11:00, segelas air putih

    12:00, sholat dhuhur lanjut makan siang, lanjut minum obat,

    13:00, istirahat siang, perdengarkan suara-suara kesukaannya, misal musik klasik, langgam jawa, atau murottal. dekatkan dengan hobby masa muda, misal kicau burung. kabari teman-teman masa mudanya, agar datang dan berbagi cerita gembira

    15:00, sholat ashar, lanjut fisioterapi. jangan lupa jadwal konsultasi dokter, agar dievaluasi perkembangannya.

    16:00, mandi sore, lanjut makan dan obat malam

    17:30, maghrib, lantunkan bacaan surat-surat pendek dan terjemahannya dari suaramu sendiri, jangan dari rekaman mp3 :-)

    19:00, isya’ dan istirahat malam, bila tidurnya gelisah, variasikan dengan miring ke kanan, ke kiri, atau duduk beberapa menit, lalu rabahan lagi, agar punggungnya tidak panas dan lecet

    udah selesai :-)

    BalasHapus
  2. Subhanallah anda termasuk anak yg sholeh berbakti dan syg pd org tua, bgt disiplinnya anda menterapi bpk anda dg ikhlas....krn sy jg pya pengalaman bpk sy alm. jg stroke disitulah kesabaran kt benar2 diuji....

    BalasHapus
  3. wah sangat sangat menginfirasi banget, walaupun kelihatannya sangat cape, itulah bakti kita pada orang tua, rupanya anda adalah salahsatu dari orang yang sangat berbakti, tulisan anda ini bisa membuat saya sangat begitu mengghargai orang tua saya, terima kasih informasinya yang telah anda bagikan, ini sangat berharga sekali khusunya buat saya pribadi, sekali lagi terimakasih banyak

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum....
    Maaf mau tanya bapak saya saat ini di vonis stroke dan pembengkakan pada jantung kira apa yg harus saya dan keluarga lakukan ? Saat ini sedang dalam perawatan R.S

    BalasHapus
  5. Penyakit stroke melanda banyak orang, semakin membuat prihatin. kontrolselalu makanan anda

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.