Gejala Gangguan Kecemasan (Generalized Anxiety Disorder)

Gejala, penyebab, faktor resiko dan cara pencegahan Gangguan Kecemasan atau Generalized Anxiety Disorder (GAD) ada juga yang menyingkatnya GERD.

DEFINISI GERD


Suatu hal yang wajar jika Anda merasa gelisah, khususnya ketika mengalami stres. Tetapi jika anda mengalami kegelisahan yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari anda mungkin memiliki generalized anxiety disorder atau gangguan kecemasan umum.

GAD dapat dialami pada saat kanak-kanak atau saat dewasa. GAD ini sama dengan perasaan panik, obsesif-kompulsif dan jenis lain dari kegelisahan, akan tetapi berbeda kondisinya.

Hidup dengan GAD dapat menjadi tantangan jangka panjang. Pada beberapa kasus, ini terjadi bersamaan dengan penyebab kegelisahan lain dan juga suasana hati yang kacau. Pada banyak kasus, GAD diatasi dengan pengobatan medis atau psikoterapi. Membuat perubahan gaya hidup, mempelajari skill dan kemampuan tertentu serta menggunakan teknik relaksasi juga dapat membantu.

GEJALA GANGGUAN KECEMASAN (Generalized Anxiety Disorder)


Gejala GAD dapat berbeda-beda dan saling berkombinasi. Yang termasuk di dalamnya adalah :

• Secara konstan mengkhawatirkan sesuatu hal baik itu pada sesuatu yang kecil maupun besar
• Gelisah
• Lelah
• Sulit berkonsentrasi atau pikiran menjadi kosong
• Lekas marah
• Ketegangan pada otot atau nyeri pada otot
• Gemetar, merasa gugup atau gampang terkejut
• Sulit tidur (insomnia)
• Berkeringat, mual atau diare
• Napas yang pendek atau detak jantung yang cepat

GAD ini seringkali dimulai saat usia muda dan memiliki tanda dan gejala yang berkembang dengan perlahan daripada penyakit kegelisahan lainnya. Banyak orang dengan GAD tidak dapat mengingat kembali kapan saat mereka merasa santai dan tentram.

GAD merupakan kondisi kronis dimana membutuhkan pengobatan secara berkelanjutan. Selama pengobatan, anda mungkin tidak akan merasa gelisah sepanjang waktu. Akan tetapi anda rentan menjadi gelisah, khususnya ketika anda merasa stress.

GAD biasanya terjadi bersamaan dengan penyakit mental lain, seperti penyakit kegelisahan lain, atau masalah dengan suasana hati anda. Secara umum dapat terjadi bersamaan dengan rasa depresi.

Penyebab & Faktor Risiko


Penyebab

Seperti pada banyak kondisi mental lainnya, apa yang menyebabkan GAD tidak sepenuhnya dimengerti. Hal ini mungkin alami seiring terjadinya proses kimia pada otak (neurotransmitter), seperti serotonin, dopamine, dan norepinephrine. Hal seperti ini juga terjadi pada beberapa kasus yang melibatkan faktor genetik, lingkungan dan juga stres.

Faktor risiko

Hal yang dapat meningkatkan risiko GAD ini termasuk:

• Wanita. Wanita dua kali lebih banyak didiagnosis mengalami GAD.

• Kesulitan pada masa kecil. Anak-anak yang mengalami trauma, termasuk yang menyaksikan kejadian traumatis, lebih tinggi berisiko mengalami penyakit generalized anxiety disorder pada beberapa saat dihidupnya.

• Penyakit. Memiliki kondisi penyakit yang kronis atau serius seperti kanker dapat menyebabkan kekhawatiran yang signifikan tentang masa depan, pengobatan dan juga keuangan.

• Stres dan Depresi. Kejadian besar atau membuat situasi yang memberikan tekanan dapat memicu kegelisahan.

• Kepribadian. Orang-orang dengan beberapa jenis kepribadian cenderung untuk terkena penyakit generalized anxiety disorder daripada orang lainnya. Sebagai tambahan, beberapa masalah kepribadian juga berhubungan dengan masalah generalized anxiety disorder.

• Genetik. Penyakit GAD dapat menurun dari keluarga.

• Penggunaan zat. Penyalahgunaan obat atau alkohol dapat memperburuk penyakit kegelisahan. Kafein dan nikotin juga dapat menyebabkan GAD

Cara Pencegahan


Tidak ada cara untuk memprediksi apa yang akan menyebabkan seseorang terkena GAD untuk pertama kali, tapi anda dapat mengambil langkah berikut untuk mengurangi dampak dari gejala jika anda gelisah:

• Cari pertolongan sedini mungkin. GAD, seperti halnya kondisi mental lainnya, dapat sulit untuk diatasi jika anda menunda waktu pengobatan.

• Jaga keseharian anda. Tetap pada rutinitas hidup anda dapat menolong anda dan kesehatan mental anda. Serta identifikasi apa yang menyebabkan anda stress dan kira-kira apa yang dapat menolong anda untuk dapat merasa lebih baik.

• Prioritaskan hidup anda. Anda dapat mengurangi kegelisahan dengan mengatur waktu dan energi anda secara berhati-hati.

• Hindari penggunaan zat yang tidak sehat. Alkohol dan penggunaan obat bahkan penggunaan kafein atau nikotin dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk kegelisahan. Jika anda tidak dapat menenangkan diri, temui dokter atau temukan kelompok pendukung untuk menolong anda.

0 comments:

Poskan Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.