Gejala Cold Sore, Penyebab, Faktor Resiko dan Pencegahan

DEFINISI COLD SORE


Cold sore adalah luka yang berisi cairan diakibatkan oleh infeksi virus herpes simplex tipe 1. Cold sore berbeda dengan kanker. Kondisi tubuh seseorang terkadang berhubungan dengan penyakit cold sore ini. Saat anda mengira penyakit ini tidak dapat disembuhkan, anda dapat mengambil langkah untuk mengurangi frekuensi kemunculannya dan membatasi lamanya hal ini terjadi.

GEJALA COLD SORE


Gejala-gejala cold sore antara lain :

• Munculnya tonjolan kecil, perih, dan berisi cairan, membuat merah kulit, khususnya di sekitar mulut.

• Sakit atau geli yang disebut prodome, sering didahului dengan melepuhnya kulit antara satu sampai dua hari.

• Biasanya terjadi antara 10-14 hari.

Cold sore kebanyakan terjadi pada daerah sekitar bibir. Kadang-kadang cold sore terjadi pada lubang hidung, dagu atau tangan – sering juga tumbuh pada gusi dan dinding mulut. Sore muncul pada jaringan lunak di dalam mulut, seperti di mulut atau dibawah permukaan lidah, mungkin saja itu kanker tapi biasanya hal itu adalah cold sore. Tanda atau gejala dapat tidak muncul selama 20 hari setelah terkena virus herpes simplex. Ini adalah ciri khas dari sore.

Penyebab & Faktor Risiko


Penyebab

Virus herpes simplex tertentu dapat menyebabkan timbulnya cold sore. Virus herpes simplex tipe 1 inilah yang menyebabkan cold sore. Virus herpes simplex tipe 2 biasanya menyebabkan penyakit herpes pada alat kelamin.

Tahap pertama yang terjadi adalah anda terkena infeksi herpes dari orang yang memiliki luka yang belum sembuh. Berbagi alat makan, alat cukur atau handuk, berciuman dan semacamnya dapat menyebarkan virus herpes simplex tipe 1. Lalu kontak mulut – alat kelamin dapat menyebabkan infeksi virus herpes simplex tipe 1 pada alat kelamin.

Sekali anda terkena tahap pertama infeksi herpes tadi, virus akan tertidur untuk sementara di sel saraf kulit dan dapat muncul kembali sebagai infeksi pada atau dekat dengan bagian tubuh yang terkena infeksi tahap pertama. Anda akan merasa gatal atau sensitivitas yang tinggi di bagian yang terkena infeksi terdahulu. Demam, mentruasi, stres, lelah dan terkena sinar matahari secara langsung dapat memicu kambuhnya penyakit ini.

Cold sore dan canker sores

Cold sore cukup berbeda dengan canker sore, kondisi di mana beberapa orang menghubungkannya dengan penyakit cold sore. Cold sore disebabkan oleh aktifnya kembali virus herpes simplex, dan berjangkit. Canker sore tidak berjangkit, canker sore adalah bisul yang terjadi pada jaringan lunak di dalam mulut, tempat dimana cold sore secara tipikal tidak akan terjadi.

Cara Pencegahan Cold Sore


Anda dapat mengambil langkah untuk membentengi diri dari cold sore. Untuk mencegah penyakit ini menyebar pada bagian tubuh lain atau untuk menghindarinya menular pada orang lain, antara lain:

• Hindari berciuman dan kontak kulit dengan orang lain ketika terlihat adanya kulit yang melepuh. Virus dapat menyebar dengan mudah sepanjang ada pengeluaran cairan dari kulit yang melepuh.

• Hindari pinjam meminjam peralatan. Perlengkapan, handuk, lipbalm dan peralatan lain dapat menyebarkan virus saat kulit yang melepuh terbentuk.

• Jaga tangan agar tetap bersih. Cuci tangan anda secara benar sebelum menyentuh orang lain jika anda terkena cold sore.

• Hati-hati saat menyentuh bagian lain tubuh anda. Mata dan daerah sekitar alat kelamin dapat menjadi daerah khusus yang rentan bagi penyebaran virus.

• Gunakan sunblock. Gunakan sunblock pada bibir dan wajah sebelum terkena matahari untuk waktu yang lama untuk membantu mencegah cold sore.

0 comments:

Poskan Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.