Gejala Asperger's syndrome Pada Anak

Asperger’s syndrome adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi kemampuan anak-anak untuk bersosialisasii dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Anak dengan asperger’s syndrome berciri memiliki kekakuan dalam situasi sosial dan hanya memiliki ketertarikan dalam bidang tertentu.

Dokter mengelompokan asperger’s syndrome dengan kondisi lain yang disebut autistic spectrum disorder atau pervasive developmental disorder . Ini berkaitan dengan masalah dalam kemampuan bersosialiasi dan berkomunikasi.

Tidak ada obat untuk asperger’s syndrome, jika anak anda memiliki kondisi tersebut maka perawatan dapat membantunya untuk belajar bagaimana berinteraksi secara lebih baik pada situasi sosial.

Gejala Asperger's syndrome Pada Anak


Tanda dan gejala asperger’s syndrome antara lain:

• Hanya mementingkan satu pihak ketika berbicara, tanpa peduli jika si pendengar tidak mendengarkan atau mencoba merubah topic pembicaraan.

• Menunjukkan komunikasi nonverbal yang tidak biasa, seperti lemahnya kontak mata, sedikit ekspresi wajah, atau postur dan gestur tubuh yang kaku.

• Menunjukkan obsesi yang intens dengan satu atau dua hal, mempersempit subjek, seperti statistik pertandingan, jadwal latihan, cuaca atau ular.

• Memunculkan ketidakmengertian, empati dengan atau menjadi sensitif dengan perasaan orang lain.

• Kesulitan “membaca” orang lain atau mengerti humor.

• Berbicara dengan suara yang monoton, keras atau cepat.

• Bergerak secara sembrono dengan rendahnya koordinasi.

• Memiliki postur yang aneh atau gaya berjalan yang kaku.

Penyebab & Faktor Risiko


Para ahli tidak mengerti apa yang menyebabkan asperger’s syndrome, meskipun komponen genetik dicurigai memiliki peran. Kondisi ini juga berhubungan dengan struktur yang tidak normal pada beberapa bagian otak.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Autisme (autism spectrum disorder).

0 comments:

Poskan Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.