Kumpulan Tips Cara Merawat Kuku

Kuku adalah bagian tubuh terluar yang berada di jari. Kuku ini terbentuk dari sel yang mirip dengan gel lembut, mati kemudian mengeras dan terbentuk mulai dari kulit ari. Kulit ari yang berada disekeliling kuku sendiri mempunyai fungsi untuk melindungi bagian pinggir kuku dari kotoran. Fungsi kuku sendiri adalah untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan sel saraf serta mempertinggi daya sentuh. Petumbuhan kuku pada jari tangan lebih cepat dibanding dengan pertumbuhan kuku jari kaki, yaitu sekitar 0.05 sampai 1,5 mm per minggu, ini setara dengan empat kali lebih cepat dibanding kuku jari kaki. Itulah sedikit pengetahuan tentang kuku, berikutnya kita lanjut ke perawatannya.

Untuk merawat kuku ini bisa dibilang gampang – gampang susah. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit tips untuk merawat kuku secara alami. Memang banyak orang diluar sana yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk merawat kukunya. Padahal cara merawat kuku yang lebih murah dan yang lebih alami masih ada, mengapa memilih yang lebih mahal?

Cara Merawat Kuku
Perawatan Kuku dengan Manicure dan Pedicure
Entahlah apa yang ada dibenak mereka. Baiklah langsung saja kita ke tips untuk merawat kuku secara alami.

Cara Merawat Kuku dengan Bahan Alami


Berikut ini beberapa jenis tanaman dan makanan yang dapat digunakan untuk merawat kuku

Belimbing wuluh

Mungkin anda akan sedikit asing jika mendengar nama tanaman yang satu ini, tanaman ini memang sangat identik dengan orang jawa. Ternyata selain digunakan sebagai sayuran, blimbing wuluh juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang berada disela – sela kuku. Manfaat lain dari blimbing wuluh adalah untuk menguatkan kuku. Untuk cara menggunakannya sangatlah mudah, caranya anda hanya cukup memotong blimbing wuluh, lalu menggosokkannya pada kuku yang hendak dibersihkan. Jika merasa sudah cukup, segera bilas dengan air.

Lidah buaya

Ternyata tak hanya bermanfaat untuk merawat rambut saja, lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kuku anda. Perawatan yang rutin dengan menggunakan lidah buaya dapat membuat kuku anda menjadi lebih cantik dan lebih bening. Caranya adalah dengan mengelupas lidah buaya, lalu mengoleskannya secara merata pada kuku yang hendak dibersihkan.

Lemon dan jeruk nipis

Kedua tanaman ini tidak hanya digunakan untuk mengobati panas dalam saja, namun juga untuk membersihkan kotoran dikuku anda. Caranya adalah, belah jeruk nipis atau lemon, kemudian peras. Lalu tambahkan dengan pasta gigi ( disarankan untuk pasta gigi yang memutihkan gigi, bukan untuk menguatkan gigi ) aduk sampai rata, setelah rata lalu oleskan pada kuku anda. Setelah dirasa sudah cukup bilas dengan air hangat.

Getah papaya

Getah papaya ternyata baik sekali untuk digunakan sebagai pembersih kuku. Selain itu getah papaya juga dapat membuat kuku anda tidak mudah pecah dan juga tidak mudah mengelupas. Saran saya jangan terlalu menggunakan getah papaya ini, apalagi kalau sampai mengenai kulit anda, karena ini akan menimbulkan efek gatal pada kulit anda.

Bawang putih

Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur ini juga dapat menguatkan kuku. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu oleskan pada kuku yang hendak anda bersihkan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas hingga bersih. Atau jika itu kurang simple, bisa juga anda langsung menggosokkan bawang putih pada kuku anda.

Minum susu

Sudah kita ketahui bahwa susu mengandung banyak sekali protein. Sementara protein sendiri berguna untuk memperkuat dan menyuburkan kuku saat setelah dipotong. Selain susu, disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan lain yang juga mengandung protein.

Minum air putih

Selain untuk meyehatkan badan air putih juga bermanfaat untuk kuku anda. Jika anda memperbanyak mengkonsumsi air putih maka kuku anda pun akan semakin kuat, indah dan tidak kering.

Jika diatas adalah tanaman dan makanan yang dapat digunakan untuk merawat kuku secara alami, kali ini akan saya bagikan tutorial merawat kuku secara mudah untuk dilakukan dirumah tanpa harus pergi kesalon.

Cara Manicure

  1. Yang pertama adalah bersihkan dan rapikan kuku anda dengan menggunakan gunting kuku.
  2. Saat anda memotong kuku, hindari untuk tidak memotong katikula kuku, Karena katikula kuku sangat penting untuk melindungi kuku dari infeksi.
  3. Setelah kuku anda potong, siapkan air hangat yang sudah diberi perasan jeruk nipis, olive oil dan juga garam.
  4. Rendam jari kuku anda didalam baskom yang berisi air tersebut selama kurang lebih 10 menit, pada saat ini juga bersihkan ( sikat ) kuku dan pijat kuku secara perlahan – lahan.
  5. Setelah dirasa kuku sudah cukup bersih, angkat kuku dan keringkan.

Cara Pedicure

  1. Bersihkan dan rapikan kuku anda dengan menggunakan gunting kuku.
  2. Setelah bersih dan rapi, rendam kuku anda dalam air hangat yang sudah diberi garam dan kelopak bunga mawar.
  3. Sikat kuku anda dengan lembut. Bersihkan juga dengan menggunakan scrub khusus kaki dan oleskan pelembab disetiap pangkal kuku anda.
  4. Jik dirasa sudah bersih, bilas kuku anda dan keringkan.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk merawat kuku secara alami. Mungkin ada cara lain yang belum saya sebutkan diatas, maka dari itu jika anda mempunyai tips lain silahkan tulis dikolom komentar. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat.