Cara Mengatasi Rambut Beruban (Menghilangkan Uban Di Rambut)

Rambut sering disebut-sebagai sebagai mahkota yang menunjang kecantikan setiap wanita dan ketampanan seorang pria. Hampir semua orang ingin memiliki rambut yang indah, sehat, dan tak jarang yang berusaha untuk membuat rambutnya tampak berkilau. Mereka berargumen kalau rambut tampak seperti tak terawat dapat mengurangi rasa percaya diri saat adu pandang dengan orang lain. Salah satu masalah yang paling ditakuti oleh tiap orang dan lebih utama dominan lebih mudah di alami oleh pria adalah uban.

Uban adalah rambut yang berwarna putih dan faktor usia adalah penyebab utamanya. Tapi di era yang serba fashionable ini sebagian orang sudah mulai malas menjaga kealamian rambutnya demi mendapatkan rambut seperti yang diinginkan. Mereka tidak peduli harus mengeluarkan uang berapa banyak hanya untuk membeli produk perawatan rambut ataupun melakukan perawatan di salon kecantikan demi memiliki rambut idaman, dan yang menjadi masalah disini adalah kesehatan rambutnya apakah tetap terjaga meski melakukan perawatan secara terus menerus yang dilakukan hanya untuk memenuhi nafsu atau hasrat sendiri? Bisa-bisa rambut ubanan!

Mengatasi Rambut Beruban
Menghilangkan Uban Di Rambut
Untuk itu lebih baik Anda berusaha untuk merawat kesehatan dan kealamian rambut daripada harus menanggung risiko ubanan, pasti tidak mau kan? Berhubungan dengan uban pada kali ini saya akan menguraikan sedikit penjelasan tentang uban dimulai dari penyebab rambut beruban dan cara mengatasi rambut beruban. Mari kita mulai dari penyebabnya dahulu.

Penyebab Rambut Menjadi Beruban / Ubanan


#Faktor Usia

Ini adalah penyebab utama yang sudah mutlak. Semakin bertambah usia seseorang tentu tubuh menjadi lebih sulit dan lamban untuk memproduksi pigmen kulit seperti melanin. Jadi, kalau kita sering melihat nenek dan kakek kita rambutnya sudah 100% putih alias ubanan itu adalah hal yang wajar.

#Faktor Keturunan

Gen menurun dari orang tua kepada anaknya, jadi jika riwayat keluarga Anda sudah ada yang mengalami masalah dengan rambut beruban besar kemungkinan Anda juga akan mengalami masalah yang sama. Tapi Anda jangan langsung putus asa karena masih ada perawatan yang mungkin akan berhasil mengatasi masalah rambut beruban Anda, tapi nanti setelah sub penjelasan ini.

#Stres

Saking sibuknya seseorang sehingga jarang tidur akibat terlalu fokus memikirkan masalah yang sedang dihadapinya, entah di kantor ataupun dirumah yang pada akhirnya membuat otak Anda menjadi stres berat. Pada fase inilah secara tidak sadar akan tumbuh rambut putih helai demi helai. Untuk menghindarinya, tentu Anda harus menghilangkan semua beban pikiran yang menumpuk di otak Anda. Caranya Anda bisa dengan refreshing dengan keluarga, berjemur di pantai sambil melihat indahnya guliran ombak, ataupun sesuatu yang menjadi hobi Anda.

Cara Menghilangkan Uban di Rambut


Setelah mengetahui apa saja penyebab rambut beruban sekarang kita lanjut ke topik utama pembahasan yaitu bagaimana cara mengatasi rambut beruban yang benar dan alami?, langsung saja di baca baik-baik dan lakukan perawatannya.

1. Teh Hitam

Rempah-rempah yang berasal dari alam ini berbeda dengan tumbuhan dengan jenis lain seperti teh hijau misalnya. Salah satu keunggulan teh hitam dibanding teh hijau adalah untuk mencegah dan mengatasi rambut ubanan di usia muda. Cara memanfaatkannya adalah dengan memasukkan dua sendok teh hitam kedalam segelas air panas, lalu biarkan sampai hilang panasnya. Setelah itu saring dan siapkan wadah dibawahnya untuk menampung air hasil saringan. Terakhir keramas pakai air tersebut dan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan agar nutrisinya dapat menyerap ke akar, setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Daun Kari

Tumbuhan alami kedua yang dipercaya mampu untuk mengatasi masalah rambut beruban ini memang asing di telinga kita, namun sebenarnya masih banyak ditanam di daerah pedesaan. Daun kari ini berkhasiat untuk mengatasi rambut beruban dan juga menguatkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan meremas beberapa lembar daun kari setelah itu bubuhkan ke seluruh rambut dan pijat lembut selama bebearpa menit, terakhir dibilas sampai bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak alami yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk rambut, salah satunyan untuk mengatasi uban. Langsung saja, Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskannya langsung ke area rambut secara merata dan diamkan sejenk setelah itu keramas sampai bersih.

Itulah ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi rambut beruban yang semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan rutin tiap minggunya agar rambut tidak cepat ditumbuhi oleh uban.