Cara Merawat Kesehatan Payudara dan Keindahannya

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh terpenting dalam tubuh wanita. Karena memang payudara adalah salah satu bagian tubuh penunjang penampilan dan sebuah bagian penting yang harus dijaga oleh wanita. Mungkin bagi setiap wanita mempunyai sepasang payudara yang indah, padat berisi, kencang dan sehat adalah sebuah dambaan tersendiri. Apalagi jika wanita tersebut telah bersuami, pasti mereka akan menjaga payudaranya tersebut demi keharmonisan rumah tangga mereka. Namun faktanya, 90% orang Indonesia ternyata tidak terlalu memperhatikan kesehatan payudaranya.

Terlebih lagi bagi seorang yang sedang atau sudah pernah menyusui, pasti payudaranya akan kendor, layu dan mengalami sedikit keriput. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya suatu penyusutan yang dialami oleh kelenjar susu serta jaringan ikat pada penyangga susu. Dampak lain yang timbul jika anda tidak merawat kesehatan payudara anda adalah kemungkinan terkena kanker payudara. Maka dari itu menjaga kekencangan dan kesehatan payudara itu penting.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu sebuah mitos yang pernah saya dengar. Ada yang mengatakan bahwa jika seseorang sudah pernah melakukan hubungan seks, maka payudara dari orang tersebut akan kendur. Ternyata mitos tersebut 100% salah, menurut para dokter jika anda rajin menjaga alat vital tersebut, maka payudara anda tidak akan kendur walaupun sudah berhubungan seks berkali – kali.

payudara indah wanita
Cara merawat dan menjaga keindahan payudara wanita
Kembali ke pokok bahasan kita, yaitu bagaimana caranya menjaga payudara anda agar tetap kencang, padat, berisi sehat dan indah secara alami. Jika anda tidak ingin payudara anda kendur, jelek, tidak berisi dan tidak ingin terkena kanker payudara, lakukanlah tips dibawah ini dengan benar. Dan beikut ini adalah tips untuk merawat payudara anda agar tetap sehat.

Memakai bra atau BH yang sesuai
Ini sangat penting sekali bagi anda yang tidak ingin terkena kanker payudara. Untuk itu gunakanlah bra yang nyaman saat dipakai, mudah menyerap keringat dan usahakan saat anda olahraga, gunakan juga bra yang khusus untuk berolahraga. Jangan menggunakan bra yang terlalu kekecilan, karena malah akan memperbesar kemungkinan kanker payudara. Yang kedua yaitu jangan teralu sering memakai bra, ini telah dibuktikan oleh penelitian dari Sydney Singer yang mentebutkan bahwa mmakai bra kurang dari 12 jam per hari dapat mengurangi resiko kanker payudara.

Menggunakan masker payudara alami
Untuk yang satu ini, anda harus mencampur sebutir telur, satu sendok makan yoghurt asli dan jika ada anda juga dapat menambahkan vitamin E yang berupa cair. Setelah semua bahan tadi dicampur rata, oleskan ke payudara anda, lalu berikan sedikit pijatan pada payudara anda. Biarkan campuran tadi selama kurang lebih 20 menit di payudara anda agar meresap, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Olahraga yang berhubungan dengan payudara
Salah satu olahraga yang berhubungan dengan payudara adalah senam ringan. Senam ini dapat melatih otot dada anda agar lebih kuat. Gerakan senam ini jika dilakukan secara rutin akan dapat membentuk otot – otot pada dada anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan latihan ini secara berlanjut dan rutin.

Hindari gosok payudara
Gosok payudara yang harus dihindari disini adalah mengosok payudara dengan handuk ataupun kain yang kasar. Mengapa ini harus dihindari? Karena menggosok payudara dengan kain yang kasar dapat menyebabkan putting payudara anda akan terasa sakit dan perih sesudahnya.

Istirahat yang cukup
Pasti anda akan bertanya – Tanya apa hubungannya payudara indah, kencang dan sehat dengan istirahat yang cukup? Seperti halnya dengan anggota tubuh yang lain, jika anda kecapekan maka payudara pun dapat mengendur dan turun. Mungkin jika sekali dua kali ini tidak akan terlalu terlihat, namun jika ini dibiarkan, lama – kelaman maka payudara anda akan turun. Ini tentunya sangat berbahaya bagi anda yang sudah bersuami, karena ini dapat mengancam keharmonisan rumah tangga anda.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan untuk menjaga payudara anda agar tetap indah, kencang, padat dan sehat. Tentunya jika payudara anda seperti itu, maka suami anda pun pasti akan betah berlama – lama dirumah dan bermesraan dengan anda. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Simak juga atikel mengenai gejala kanker payudara pada pria untuk menambah wawasan anda seputar kesehatan.