Pengertian dan Gejala Menopause Serta Menopause Dini

Apa itu menopause? Secara medis, pengertian Menopause adalah berhentinya menstruasi dan kesuburan secara permanen yang terjadi 12 bulan setelah menstruasi terakhir. Pada usia empat puluhan, siklus mulai memanjang lagi. Meskipun kebanyakan orang cenderung percaya bahwa dua puluh delapan hari merupakan panjang siklus yang normal, penelitian telah membuktikan bahwa hanya 12,4% wanita benar-benar mempunyai siklus dua puluh delapan hari dan 20% dari semua wanita mengalami siklus tidak teratur.

Menopause adalah proses biologis alami dan bukan penyakit medis. Meskipun secara fisik dan emosional gejala menopause dapat mengganggu tidur, menguras energi dan memicu perasaan sedih dan kehilangan. Menopause lebih disebabkan oleh perubahan hormon.

Gejala menopause biasanya mulai terlihat pada wanita usia 40 tahun. Namun sekarang ini banyak wanita yang mengalami menopause di usia muda. Gejala seperti ini disebut dengan menopause dini. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, diantaranya gaya hidup serta pola makan tak sehat, tekanan kerja dan stres.

Gejala Menopouse

Tanda dan gejala menopause antara lain:
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Menurunnya kesuburan
  • Kering pada vagina
  • Tidur terganggu
  • Suasana hati yang mudah berubah
  • Bertambahnya lemak pada area perut
  • Penipisan rambut
  • Sulit untuk mengambil napas panjang

Dan berikut ini beberapa gejala wanita mengalami menopause dini seperti dilansir laman Boldsky:

1. Kekeringan vagina

Ketika mengalami siklus hormonal, vagina akan selalu dilumasi dengan baik. Tetapi jika vagina menjadi kering untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti Anda telah mendekati menopause.

2. Sensasi terbakar

Ini adalah tanda yang paling umum dari menopause. Jika Anda masih dalam usia dua puluhan dan merasa seperti telinga Anda terbakar, Anda perlu segera ke dokter.

3. Perubahan suasana hati

Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati di mana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri kadang-kadang.

4. Perubahan pola tidur

Beberapa wanita mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat tidur nyenyak karena depresi atau gejolak hormonal. Perubahan pola tidur ini dapat mempengaruhi suasana hati, produktivitas kerja dan juga hubungan pribadi.

5. Gairah seksual yang rendah

Pada usia 20-an dan 30-an, dorongan seksual wanita seharusnya sedang berada di puncak. Tetapi jika Anda telah menghindari seks dan membuat banyak alasan untuk mengalihkan perhatian pasangan, Anda perlu segera memeriksakan kadar hormon Anda.

6. Menstruasi tidak teratur

Ketika siklus menstruasi menjadi tidak teratur secara tiba-tiba, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur adalah bukti konklusif dari menopause dini.

7. Rendah kalsium

Ketika tingkat estrogen berkurang dalam tubuh, tulang mulai kehilangan kalsium. Jadi jika Anda mengalami sakit sendi atau tulang yang lemah, itu bisa berarti masa menopause sedang mendekati Anda.

8. Palpitasi

Hormon reproduksi wanita melindungi jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi itu akan mulai mempengaruhi kesehatan jantung. Palpitasi adalah tanda masalah jantung.

9. Infertilitas

Jika kadar hormon dan menstruasi menjadi tidak teratur, Anda akan memiliki kesulitan untuk hamil. Infertilitas atau ketidaksuburan menjadi hal yang umum di antara wanita yang mendekati menopause dini.

Penyebab Terjadinya Mebopouse

Penyebab menopause antara lain:
  1. Penurunan hormon reproduksi secara alamiah yang terjadi seiring dengan usia sekitar 40an tahun.
  2. Hysterectomy (pergerakan uterus). Meskipun anda tidak lagi mengalami menstruasi, ovarium akan tetap memproduksi sel telur dan hormon estrogen dan progesteron. Tetapi proses perpindahan tidak akan terjadi karena berpindahnya uterus dan ovarium.
  3. Chemotherapy dan terapi radiasi lain yang digunakan untuk mengobati kanker dapat menyebabkan menopause.
  4. Tidak cukup memproduksi hormon reproduksi.

Tahapan Menopause

Menopause sendiri memiliki dua tahapan, yaitu Perimenopause dan Postmenopause.

Perimenopause

Pada tahap ini anda akan mulai mengalami tanda dan gejala menopause meskipun anda tetap mengalami menstruasi. Hormon anda akan meningkat dan turun dengan tidak merata, dan anda mungkin mengalami gejala menopause.

Postmenopause

Ketika 12 bulan telah lewat sejak menstruasi terakhir anda, anda telah mengalami menopause. Ovarium menghasilkan sedikit estrogen dan tidak ada progesteron.

Oke, itu dia beberapa penjelasan singkat mengenai tanda dan gejala menopuse pada wanita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.