Gejala Retinoblastoma (Kanker Retina Mata) dan Penyebabnya

Retinoblastoma adalah kanker yang dimulai dari retina – lapisan sensitif di dalam mata. Retinoblastoma umumnya terdapat pada anak-anak. Retina terdiri dari jaringan syaraf yang merespon cahaya masuk ke mata. Kemudian retina mengirimkan sinyal melalui syaraf optik ke otak, dimana sinyal diinterpretasikan sebagai gambar.

GEJALA RETINOBLASTOMA


Tanda terjadinya retinoblastoma antara lain :

• Warna putih di pusat lingkaran mata (pupil) ketika sinar memantul di mata, seperti ketika terkena flash kamera.

• Arah pandangan mata terlihat berbeda satu sama lain (juling)

• Mata kemerahan

• Mata bengkak

Penyebab & Faktor Risiko


Faktor risiko

Retinablastoma terjadi ketika terjadi mutasi genetik pada sel syaraf retina yang menyebabkannya terus tumbuh dan melipatgandakan diri ketika sel normal seharusnya mati. Akumulasi sel ini kemudian membentuk tumor. Retinoblastoma dapat menyerang ke dalam mata dan jaringan di sekitarnya. Retinoblastoma juga dapat menyebar ke area lain di dalam tubuh, seperti otak dan tulang belakang.

Pada umumnya tidak jelas apa yang menyebabkan terjadinya retinoblastoma. Tetapi adalah hal yang mungkin jika ini merupakan kondisi bawaan. Mutasi gen yang meningkatkan risiko retinoblastoma dan kanker lain dapat menurun dari orang tua ke anak.

Cara Pencegahan


Secara umum tidak diketahui apa yang menyebabkan retinoblastoma. Karena itu tidak ada cara untuk mencegahnya.

Pada keluarga yang memiliki retinoblastoma, periksakan anak anda apakah juga mengalami retinoblastoma pada tahap awal. Retinablastoma apabila dapat diketahui sejak dini, makan akan mungkin untuk disembuhkan.

Lihat juga artikel lainnya: Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak.

0 comments:

Poskan Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.